PENGEMBANGAN KURIKULUM DIKLAT BERBASIS KOMPETENSI DI BALAI LATIHAN PENDIDIKAN TEKNIK YOGYAKARTA

Rustam Ali Sodiqin, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan prosedur pengembangan kurikulum diklat berbasis kompetensi di BLPT Yogyakarta beserta faktor pendukung dan penghambat proses pengembangan kurikulum di BLPT Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di BLPT Yogyakarta dengan subjek penelitian meliputi 2 instruktur, 2 penyelenggara diklat, dan 4 peserta diklat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Prosedur pengembangan kurikulum diklat di BLPT Yogyakarta meliputi perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Penyusunan kurikulum/silabus diklat dilakukan oleh instruktur bersama dengan DUDI dan guru SMK berdasarkan SKKNI, kebutuhan industri, dan kurikulum yang ditetapkan pemerintah. (2) Faktor pendukung proses pengembangan kurikulum diklat antara lain; melibatkan DUDI, Praktisi Pendidikan dan instruktur internal BLPT, dan adanya dukungan dari lembaga penyelenggara diklat. (3) Faktor penghambat proses pengembangan kurikulum diklat antara lain; sulit menghubungi stakeholder terkait, perubahan kebijakan, SDM terbatas, keterbatasan anggaran, kurangnya koordinasi antara instruktur dan penyelenggara diklat.
Kata kunci: Pengembangan Kurikulum, Kurikulum Diklat, BLPT Yogyakarta

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter