EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 1 BANTUL

Abdur Rohim, Teknnologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek penelitian adalah siswa, guru, dan kepala sekolah. Objek penelitian terdiri dari: analisis kebutuhan, latar belakang program, sasaran program, kompetensi pendidik, kesiapan siswa, sarana dan prasarana, kualitas penyajian materi, pelaksanaan program, faktor pendukung dan penghambat program, dan hasil belajar. Metode pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran pendidik sering menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi. Hasil belajar yang dicapai siswa sudah sesuai dengan manfaat belajar PAI. Hambatan yang terjadi dalam pembelajaran yaitu kurangnya tenaga pendidikan PAI apabila dibandingkan dengan materi yang harus diajarkan. Solusi yang dilakukan pihak sekolah adalah membuat kebijakan-kebijakan yang mendukung PAI.
Kata Kunci: (CIPP) Context Input Process Product, Pendidikan Agama Islam (PAI)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter