PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE SAYURAN DAN BUAH UNTUK PENGENALAN ANGKA DI TK A PERTIWI SABRANGLOR I KLATEN

Rida Latifah, Teknnologi Pendidikan FIP UNY

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan “Alat Permainan Puzzle Edukatif Pengenalan Angka” yang layak untuk anak TK A Pertiwi Sabranglor I Klaten. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall. Terdapat sepuluh langkah dalam pengembangan menurut Borg dan Gall namun peneliti hanya menggunakan sembilan langkah yang dilaksanakan dalam penelitian ini. Uji coba produk dilaksanakan dalam tiga tahap. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil skor penilaian kelayakan Alat Permainan Puzzle Edukatif Pengenalan Angka melalui validasi oleh ahli media sebesar 3,9 (Sangat Baik) dan pada ahli materi sebesar 3,8 (Sangat Baik). Selanjutnya uji coba lapangan awal diperoleh skor penilaian sebesar 94,44% (kategori layak), uji coba lapangan utama diperoleh skor sebesar 91,67% (kategori layak) dan pada uji coba lapangan operasional mendapat skor sebesar 85,56% (kategori layak). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Alat Permainan Puzzle Edukatif Pengenalan Angka ini layak digunakan.
Kata kunci: Pengembangan Media, Puzzle Edukatif, Taman Kanak-kanak

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter