PENGEMBANGAN MODUL CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG HARGA DIRI SISWA KELAS III SDN KAPUKANDA TEMPEL SLEMAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul cerita bergambar yang layak guna meningkatkan pemahaman tentang harga diri siswa kelas III SD Negeri Kapukanda. Penelitian ini menggunakan model pengembangan research and development (RnD) dari Borg dan Gall. Pengembangan ini hanya menggunakan 9 langkah dari 10 langkah, karena keterbatasan waktu dan biaya peneliti. Penelitian ini menghasilkan sebuah modul cerita bergambar yang layak dari penilaian ahli materi 95,56% (sangat layak), ahli media 92% (sangat layak), dan anket uji coba siswa rata-rata 100% (sangat layak). Hasil pretest sebelum menggunakan modul adalah 4,8 dan hasil posttest setelah menggunakan modul adalah 9. Maka modul tersebut mempunyai efektifitas peningkatan pemahaman siswa sebanyak 4,2.
Kata kunci: Modul Cerita Bergambar, Harga Diri
Abstract
This study aims to produce an illustrated story module for improving the confidence characters of 3rd-grade students of Kapukanda Public Elementary School. This study uses a research and development (RnD) development model from Borg and Gall. This development only uses 9 steps out of 10 steps, due to limited time and the researcher's cost. This research produced an illustrated story module that received 95.56% (very decent) from material expert judgment, 92% (very decent) from media expert, and 100% (excellent) from average student test scores. The pretest result before using the module is 4.8 and the posttest result after using the module is 9. Then the module has the effect of increasing students' understanding of 4.2.
Keywords : Illustrated Story Module, Self-Esteem
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.