PENGARUH “ALPHABET RACE GAME” TERHADAP KEMAMPUAN SPELLING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS IV SD QURROTA A’YUN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Alphabet Race Game terhadap peningkatan kemampuan mengeja pada mata pelajaran bahasa Inggris di kelas IV SD Qurrota A’yun. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Experimental Design dan pendekatan One-Group Pretest-Posttest Control yang melibatkan subjek penelitian sejumlah 38 orang anak di kelas IV SD Qurrota A’yun, Babadan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan tes dan menggunakan instrumen berupa pre-experimental test dan post-experimental test. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Pengaruh penggunaan Alphabet Race Game pada penelitian ini dapat dilihat dari hasil perhitungan gain skor dan uji hipotesis berupa uji t berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Alphabet Race Game. Pengaruh penggunaannya dilihat dari kenaikan skor rata-rata pada kelas eksperimen yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan kelas kontrol. Diketahui pada kelas eksperimen terdapat kenaikan skor rata-rata pre-test ke post-test sebesar 12,95 atau 13% yaitu dari 71,16 ke 84,21. Sedangkan kenaikan skor rata-rata yang diperoleh kelas kontrol hanyalah 3,16 atau 3% yaitu dari 72,05 ke 75,2. Selain itu, hasil uji hipotesis pre-test dan post-test menggunakan uji t berpasangan menunjukkan skor siginifikansi 0,000 dan 0,004 < 0,005 sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Alphabet Race Game dalam meningkatkan kemampuan mengeja pada mata pelajaran bahasa Inggris di kelas IV SD Qurrota A’yun Babadan Banguntapan Bantul.
Kata kunci: Alphabet Race Game, Bahasa Inggris, Kemampuan Mengeja
Abstract
This study aims to determine the effect of Alphabet Race Game on improving spelling skills in English subjects in the fourth grade of SD Qurrota A'yun Babadan Banguntapan Bantul.This study used an experimental research design with a type of pre-experimental design and one-group pretest-posttest approach which involving 19 subjects in class IV B SD Qurrota A'yun, Babadan, Banguntapan, Bantul, in the first semester of the school year 2018/2019. Data collection techniques that been used were using tests and using instruments in the form of pre-experiment tests and post-experiment tests. The data analysis technique that been used is descriptive and inferential statistical data analysis techniques. The effect of using Alphabet Race Game in this study can be seen from the calculation of gain scores and hypothesis testing in the form of paired t test. The results of this study indicate that there is a significant influence on the use of the Alphabet Race Game. The effect of its use is seen from the increase in the average score of the pre-test to post-test in the experimental class of 12.95 or 13%, namely from 71.16 to 84.21. While the increase in the average score obtained by the controller class is only 3.16 or 3%, from 72.05 to 75.2. In addition, the results of pre-test and post-test hypothesis testing using paired t test showed a significance score of 0.000 and 0.004 < 0.005 so that it can be said that there was a significant influence on the use of Alphabet Race Game in improving spelling skills in English subjects in the fourth grade of SD Qurrota A'yun Babadan Banguntapan Bantul.
Keywords: Alphabet Race Game, English, Spelling Skill
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.