PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DIGITAL 3TELL (TRISAKTI TOURISM ELECTRONIC LEARNING LABORATORY) BAGI MAHASISWA PASCASARJANA SEKOLAH TINGGI PARIWISATA TRISAKTI

Bayu Kuncoro, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Buku Panduan Digital 3TELL (Trisakti Tourism Electronic Learning Laboratory) untuk mahasiswa Pascasarjana Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi dari Lee dan Owen. Langkah langkah dalam penelitian ini terdiri dari analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk yang di uji coba serta validasi ahli dinyatakan layak. Hasil penilaian kelayakan ahli materi mendapatkan skor sebesar 4,0 (kategori layak), pada ahli media mendapatkan skor sebesar 4,25 (kategori layak) dan pada mahasiswa Pascasarjana mendapatkan skor sebesar 0,94 (kategori layak). Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Buku Panduan Digital 3TELL (Trisakti Tourism Electronic Learning Laboratory) dinyatakan layak sebagai sumber belajar bagi mahasiswa Pascasarjana Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.
Kata kunci: Buku Panduan Digital, 3TELL, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

Abstract
This development research aims to produce a 3TELL Digital Guidebook (Trisakti Tourism Electronic Learning Laboratory) for Trisakti Tourism High School graduate students. This development research use the ADDIE development model modified from Lee and Owen. The steps in this study consist of needs analysis, design, development, implementation and evaluation. Data collection instruments used in the study were questionnaires. Data analysis techniques used in this study are descriptive quantitative techniques. The results of the study showed that the products tested and expert validation were declared feasible. The results of the feasibility study of the material obtained a score of 4,0 (feasible category), the media experts got a score of 4,25 (feasible category) and the Postgraduate students got a score of 0,94 (feasible category). Based on the results of the research that has been carried out it can be concluded that the 3TELL Digital Guidebook (Trisakti Tourism Electronic Learning Laboratory) is declared feasible as a learning resource for Postgradute students of the Trisakti Tourism High School.
Keywords: Digital Guidebook, 3TELL, Trisakti Tourism High School


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter