PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DI PAUD AISYIYAH 05 PATI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasikan sebuah media video pembelajaran “Pengenalan Huruf Hijaiyah” di PAUD Aisyiah 05 Pati Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan model penelitian riset dan pengembangan (R&D) teori dari Borg dan Gall. Terdapat sembilan langkah yang dilaksanakan dalam penelitian ini meliputi menganalisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk. Uji coba produk dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu uji coba lapangan awal kepada 3 anak, uji coba lapangan utama kepada 6 anak, dan uji coba lapangan operasional kepada 16 anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif deskriptif. Hasil skor penilaian kelayakan produk melalui validasi pada ahli materi sebesar 3,5 (kategori layak) dan pada ahli media sebesar 3,1 (kategori layak). Selanjutnya uji coba lapangan awal diperoleh skor hasil penilaian sebesar 0,52 (kategori tidak layak), pada uji coba lapangan utama diperoleh skor 0,80 (kategori layak), dan pada uji coba lapangan operasional diperoleh skor 0,90 (kategori layak). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Video Pembelajaran “Pengenalan Huruf Hijaiyah” ini layak digunakan sebagai sumber belajar.
Kata kunci: Pengembangan Media, Huruf Hijaiyah, Paud Aisyiyah 05 Pati
Abstract
This study aims to produce a video media for learning "Introduction to Hijaiyah Letters" at PAUD Aisyiyah 05 Pati, Central Java. This study used a Borg and Gall research and development model (R & D). There are nine steps carried out in this study including analyzing potential and problems, data collection, product design, product design validation, product design revisions, product trials, product revisions, usage trials, and product revisions. Product trials were carried out in three stages namely the initial field trials for 3 children, the main field trials for 6 children, and the operational field trials for 16 children. The data collection instruments used were interviews, observations, questionnaires and documentation. Data analysis techniques used in this study were descriptive quantitative analysis techniques. The results of the product feasibility assessment score through validation on material experts amounted to 3.5 (feasible category) and to media experts at 3.1 (feasible category). Furthermore, the initial field test obtained an assessment score of 0.52 (inadequate category), in the main field trial the score was 0.80 (feasible category), and in the operational field trial the score was 0.90 (feasible category). Based on the results of these studies it can be concluded that the Learning Video Media "Introduction to Hijaiyah Letters" can be used as a learning resource.
Keywords : Media Development, Hijaiyah Letters, Paud Aisyiyah 05 Pati.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.