MINAT BACA MAHASISWA PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat baca mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta melalui 6 aspek yaitu aspek sikap, aspek aktivitas, aspek lingkungan, aspek sosial ekonomi, aspek sarana penunjang dan aspek kemajuan teknologi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitan diskriptif. Populasi penelitan berjumlah 284 mahasiswa, dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling sebanyak 72 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan construct validity dan uji reliabilitas menggunakan teknik Croncbach Alpha. Data dianalisis dengan menggunakan analisis diskritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan tingkat minat baca mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta termasuk dalam tingkat kategori cukup (62,50%). Berdasarkan faktor internal masuk dalam ketegori cukup (55,99%), dengan persentase tertinggi pada aspek sikap (56,67%) dan aspek terendah adalah aspek aktivitas (56.66%). Sedangkan pada faktor eksternal termasuk dalam kategori cukup (65,75%), dengan persentase tertinggi pada aspek kemajuan teknologi sebesar 74,21% dan aspek terendah sosial ekonomi (50,37%).
Kata Kunci: Minat baca, mahasiswa, teknologi pendidikan
Abstract
This study aims to investigate reading interest in students of educational technology program UNY students. Six aspects were used in this study, name: attitude, activity, environment, social economy, infrastructure, and technology advancement. This study used quantitative descriptive method. Sample (n=72) was chosen from the population (N=284) with stratified random sampling. The data were gathered using questionnaire and documents. The instrument was tested for construct validity and reliability using Cronbach Alpha. The data were analyzed using quantitative descriptive method. The results showed that students’ reading interest were in middle category (62,50%). The internal factor was in sufficient category (55,99%). Highest percentage was in attitude aspect (56,67%) while lowest was found in activity aspect (56,66%). The external factor was in sufficient category (65,75%), with highest percentage found in technology advancement (74,21%), while lowest found in socio economic aspect (50,37%)
Keyword: reading interest, student, educational technology
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.