PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KALIKAJAR PURBALINGGA

Pambajeng Nur Anis, Teknologi Pendidikan UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar pada Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia siswa kelas V di SD Negeri 1 Kalikajar, Kecamatan Kaligondang, Purbalingga
menggunakan metode pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kalikajar, Purbalingga sebanyak 36 siswa.
Penelitian terdiri dari atas pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pra siklus terdiri atas 2 pertemuan, siklus
pertama terdiri atas 2 pertemuan, dan siklus kedua terdiri atas 2 pertemuan. Metode pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif kuantitatif analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil
belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V di SD Negeri 1 Kalikajar, Kecamatan
Kaligondang, Purbalingga dengan menggunakan metode Talking Stick. Hal tersebut ditunjukkan dari
terjadinya peningkatan ketuntasan belajar siswa pada keadaan awal siswa sebanyak 16 siswa (44,44%),
pada siklus I sebanyak 31 siswa (86,11%), dan pada siklus II sebanyak 36 siswa (100,00%).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter