PENINGKATAN PENGUASAAN VOCABULARY MENGGUNAKAN MEDIA E-DICTIONARY KELAS VI SD NEGERI 1 TELUK PURWOKERTO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan penguasaan vocabulary pada mata
pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas VI SD Negeri 1 Teluk Purwokerto dengan menggunakan media edictionary.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa
kelas VI di SD Negeri 1 Teluk Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas sebanyak 29 siswa. Penelitian
terdiri atas pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pra siklus terdiri atas 2 pertemuan, siklus pertama terdiri
atas 2 pertemuan, dan siklus kedua terdiri atas 2 pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan tes lisan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan vocabulary pada mata pelajaran
Bahasa Inggris siswa kelas VI SD Negeri 1 Teluk Purwokerto dengan menggunakan media edictionary.
Hal tersebut ditunjukkan dari terjadinya peningkatan ketuntasan belajar siswa pada keadaan
awal siswa sebanyak 12 siswa (41,38%), pada siklus I sebanyak 23 siswa (79, 31%), dan pada siklus II
sebanyak 29 siswa (100,00%).
pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas VI SD Negeri 1 Teluk Purwokerto dengan menggunakan media edictionary.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa
kelas VI di SD Negeri 1 Teluk Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas sebanyak 29 siswa. Penelitian
terdiri atas pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pra siklus terdiri atas 2 pertemuan, siklus pertama terdiri
atas 2 pertemuan, dan siklus kedua terdiri atas 2 pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan tes lisan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan vocabulary pada mata pelajaran
Bahasa Inggris siswa kelas VI SD Negeri 1 Teluk Purwokerto dengan menggunakan media edictionary.
Hal tersebut ditunjukkan dari terjadinya peningkatan ketuntasan belajar siswa pada keadaan
awal siswa sebanyak 12 siswa (41,38%), pada siklus I sebanyak 23 siswa (79, 31%), dan pada siklus II
sebanyak 29 siswa (100,00%).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.