PENGGUNAAN PERMAINAN BOY-BOYAN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK MASYITHOH TOBOYO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia dini kelompok B di
TK Masyithoh Toboyo dengan menggunakan permainan Boy-boyan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas kolaboratif dan partisipasif dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Penelitian dilakukan II
siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi (checklist). Setelah
dilakukan kegiatan tindakan terjadi peningkatan kemampuan motorik kasar, yaitu kemampuan berlari kriteria
mampu sebanyak 80%, kriteria cukup mampu sebanyak 15%, kriteria kurang mampu sebanyak 5% dan kriteria
kurang mampu sebanyak 0%. Pada motorik kasar kemampuan melempar kriteria mampu sebanyak 85%, kriteria
cukup mampu sebanyak 10%, kriteria kurang mampu sebanyak 5%, dan kriteria belum mampu sebanyak 0%.
Sedangkan kemampuan motorik kasar kemampuan menangkap kriteria mampu sebanyak 80%, kriteria cukup
mampu sebanyak 15%, kriteria kurang mampu sebanyak 5%, dan kriteria belum mampu sebanyak 0%.
TK Masyithoh Toboyo dengan menggunakan permainan Boy-boyan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas kolaboratif dan partisipasif dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Penelitian dilakukan II
siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi (checklist). Setelah
dilakukan kegiatan tindakan terjadi peningkatan kemampuan motorik kasar, yaitu kemampuan berlari kriteria
mampu sebanyak 80%, kriteria cukup mampu sebanyak 15%, kriteria kurang mampu sebanyak 5% dan kriteria
kurang mampu sebanyak 0%. Pada motorik kasar kemampuan melempar kriteria mampu sebanyak 85%, kriteria
cukup mampu sebanyak 10%, kriteria kurang mampu sebanyak 5%, dan kriteria belum mampu sebanyak 0%.
Sedangkan kemampuan motorik kasar kemampuan menangkap kriteria mampu sebanyak 80%, kriteria cukup
mampu sebanyak 15%, kriteria kurang mampu sebanyak 5%, dan kriteria belum mampu sebanyak 0%.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.