KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MIN JEJERAN

Erlina Laili,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kedisiplinan peserta didik, faktor yang mempengaruhi kedisiplinan, dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk membelajarkan peserta didik menegakkan kedisiplinan MIN Jejeran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Responden pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 4C, 5A, dan 6A MIN Jejeran. Pengumpulan data berlangsung dari bulan Agustus 2014 sampai dengan Oktober 2014. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan tekniik analisis data deskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kedisiplinan peserta didik MIN Jejeran berada pada kategori tinggi dengan prosentase 82,26%. Faktor- faktor yang mempengaruhi kedisiplinan peserta didik MIN Jejeran lebih dominasi faktor internal dengan prosentase 76,98% dan untuk faktor eksternal 55,06%. Faktor internal mendominasi terbukti upaya penanaman peserta didik untuk kedisipinan oleh pihak sekolah cukup bagus. Upaya strategi pembelajaran untuk membelajarkan kedisiplinan peserta didik yang dilakukan pihak sekolah yaitu dengan internal control, eksternal control dan keteladanan guru.

Kata kunci: kedisiplinan, MIN Jejeran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter