EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MODEL TORSO TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA

Fiki Bagus Irmansyah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran model torso pada
mata pelajaran Bilogi pokok bahasan system pencernaan pada manusia terhadap hasil belajar siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Kalasan.Metode Penelitian yang diginakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan
sampel penelitiannya adalah kelas VIII D dan kelas VIII E SMP Negeri 1 Kalasan. Adapun desain penelitian yang
digunakan adalah pretest posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan
bahwa efektivitas media pembelajaran model torso dengan pencapaian hasil belajar siswa kelas VIII setelah
menggunakan media pembelajaran model torso menunjukkan hasil yang cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan
nilai siswa di kelas eksperimen setelah penggunaan media torso mayoritas termasuk dalam kategori baik, yaitu
sebanyak 29 siswa 90,6%, kategori cukup baik ada 3 siswa 9,4%, dan tidak ada nilai siswa yang termasuk kategori
kurang. Berdasarkan hasil uji paired t Test dari nilai rata-rata hasil belajar diperoleh nilai signifasik yang lebih
kecil dari taraf signifikasi 0,000-0,05.Berdasarkan hasil perhitungan Uji Independent t Test Pengetahuan bahwa
tidak terdapat perbedaan hasil pretest kelas eksperimen dan kontrol dibuktikan dengan nilai signifikansi yang lebih
besar dari taraf signifikansi (0,837>0,05).Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas media pembelajaran
model torso mampu meningkatkan hasil belajar siswa.Hal ini juga diperkuat dengan nilai signifikansi yang kurang
dari 0,05. Ini membuktikan bahwa media pembelajaran model torso efektif untuk meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Biologi pokok bahasan system pencernaan pada manusia kelas VIII SMP Negeri 1
Kalasan, Yogyakarta.

Kata Kunci: Model Torso, Biologi, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter