PENGEMBANGAN MULTIMEDIA IPS PENINGGALAN KERAJAAN HINDU-BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Ulfah Riza Lina,

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran IPS dengan materi”Peninggalan Kerajaan Hindu-Budha dan Islam di Indonesia” untuk siswa kelas V SD yang tervalidasi ditinjau dari aspek materi, aspek pembelajaran, aspek tampilan, dan aspek pemrograman.Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan. Produk multimedia sebelum diuji cobakan telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Subjek uji coba dalam penelitian ini berjumlah 47 orang.Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa produk multimedia pembelajaran IPS untuk siswa kelas V SDsudah baik ditinjau dari aspek isi, aspek pembelajaran, aspek tampilan dan aspek pemrograman.Hasil validasi ahli materi aspek isi termasuk kategori “sangat baik” dengan rata-rata skor 4,37 dan aspek pembelajaran termasuk kategori “sangat baik” dengan rata-rata skor 4,46. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa aspek tampilan termasuk kategori “sangat baik” dengan rata-rata skor 4,46 dan aspek pemrograman termasuk kategori “sangat baik” dengan rata-rata skor 4,50. Hasil uji coba lapangan operasional menunjukkan bahwa aspek isi masuk kategori “sangat baik” dengan rata-rata skor 4,23, aspek pembelajaran masuk kategori “baik” dengan rata-rata skor 4,31, aspek tampilan masukkategori “sangat baik” dengan rata-rata skor 4,29 dan aspek pemrograman masukkategori “sangat baik” dengan rata-rata skor 4,39.

Kata kunci: pengembanganmultimedia, IPS, peningglan kerajaan Hindu Budha dan Islam di Indonesia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter