PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN MAGNET (MAGNETTAFEL) MATERI DESCRIPTIVE TEXT BAGI SISWA KELAS VII SMP TAMAN DEWASA IBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Papan Magnet (Magnettafel) untuk siswa kelas VII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan langkah penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg & Gall. Langkah yang ditempuh pengembang berdasarkan modifikasi dari Sukmadinata. Kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan siwa kelas VII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh rerata skor “sangat baik” yang termasuk dalam kategori “layak”, penilaian dari ahli media memperoleh rerata skor “sangat baik” yang juga termasuk kategori “layak”, dan penilaian dari siswa kelas VII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta memperoleh hasil persentase kategori “layak”. Maka dapat dinyatakan bahwa media papan magnet (Magnettafel) layak untuk digunakan.
Kata kunci: media, papan magnet, teks deskriptif
Abstract
This research is aimed to find out the appropriateness of Magnettafel for seventh graders of SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta. This research is uses R&D development research steps by Borg & Gall. The media appropriateness being developed based on the result of material expert, media expert, and the seventh graders of SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta as the testing subjects. The data collecting techniques used are observation, interview, and questionnaire. The data analysis is descriptive quantitative. The result from the material expert received by average score “really good” with “appropriate” predicate, the result from media expert received by average score “really good” which also included in “appropriate” predicate and the result of the seventh graders of Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta received percentage score with “appropriate” predicate. Thus, the Magnettafel is appropriated to be used.
Keywords: media, magnet board, descriptive text
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.