PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF “MENDIDIK ANAK GENERASI Z”
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa sekolah dasar yang memiliki gawai pribadi sedangkan orang tua belum banyak memiliki pengetahuan mengenai mendidik anak-anak digital tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat produk media pembelajaran berbentuk buku digital interaktif untuk orang tua siswa SD Muhammadiyah Condongcatur. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian riset dan pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 25 orang tua siswa dan 2 ahli. Instrumen pengambilan data menggunakan angket. Hasil skor penilaian kelayakan produk melalui validasi pada ahli materi sebesar 3,5 (kategori layak) dan pada ahli media sebesar 3,6 (kategori layak). Selanjutnya uji coba lapangan awal diperoleh skor hasil penilaian sebesar 0,75 (kategori layak), pada uji coba lapangan utama diperoleh skor 0,89 (kategori layak), dan pada uji coba lapangan operasional diperoleh skor 0,94 (kategori layak). Hasil penelitian menujukan bahwa media buku digital interaktif “Mendidik Anak Generasi Z” ini layak digunakan sebagai sumber belajar.
Kata kunci : buku digital interaktif, parenting, generasi z
Abstract
This study is based on the number of elementary school students who have personal gadget while parents have not much knowledge about educated the digital children. This study aims to create an interactive learning product form of interactive digital book for parents of Muhammadiyah Condongacatur elementary school students. The research model used is research and development research (R & D) according to Borg and Gall. Subjects in this study amounted to 25 parents of students and 2 experts. Data-gathering instruments using questionnaires. The result of the scoring of the product feasibility rating through validation to the material expert is 3.5 (viable category) and to the media expert of 3.6 (viable category). Furthermore, initial field trials obtained score of the assessment results of 0.75 (viable category), the main field trial obtained score of 0.89 (viable category), and on the field trial operation obtained a score of 0.94 (viable category). The results of the study indicate that the interactive digital book media 'Educate Children Of The Z Generation' is worthy of use as a source of learning.
Keywords: interactive digital book, parenting, generation z
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.