STUDI TENTANG KOMPETENSI GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DI SMP TAMAN DEWASA YOGYAKARTA

Hikmah Saptaola Srikandi, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran, serta faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam mengelola pembelajaran di SMP Taman Dewasa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran belum optimal. Faktor pendukung guru dalam mengelola pembelajaran di sekolah ini adalah media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar audio dan visual; bahan ajar dirancang dari dua hingga tiga buku yang relevan dengan kurikulum yang digunakan; serta laboratorium IPA yang memadai berisi alat dan bahan praktik yang lengkap. Faktor penghambatnya adalah kesulitan guru dalam mengatasi masalah di dalam kelas, peserta didik yang berjumlah banyak, guru kurang disiplin terhadap waktu pembelajaran, kurangnya dukungan dari orangtua agar peserta didik belajar, dan kurangnya media pembelajaran yang cocok dengan gaya belajar kinestetik.
Kata kunci: Kompetensi, Guru, Pengelolaan pembelajaran

Abstract
This research is aimed at describing teacher competence in managing instructional process, supporting and inhibiting factors for teacher in managing the instructional process in SMP Taman Dewasa Yogyakarta. Qualitative method was used in the research. The results of the research are the competence of teachers in managing instructional in SMP Taman Dewasa Yogyakarta is not optimum. Supporting factors of teachers in managing learning are learning media that are appropriate to the audio and visual learning style; instructional materials are designed from two to three books that are relevant to the curriculum used; and science laboratory containing complete practical tools and materials. Inhibiting factors are the difficulty of the teacher in overcoming problems, the large number of students, teachers lacking discipline in learning time, lack of support from parents so that learners learn, and the lack of learning media that matches kinesthetic learning styles.
Keywords: Competence, Teacher, Instructional management


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter