UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V

Nur Ichsan Wahyu Prabowo, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas V semester II SD Negeri 04 Wiro tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Langkah yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 11 siswa kelas V SD Negeri 04 Wiro. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik kuantitatif dan kualitatif Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan soal tes evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA melalui metode eksperimen. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa disetiap siklusnya. Setelah metode eksperimen diterapkan terjadi peningkatan nilai rata-rata dari hasil awal 58,36 menjadi 65,36 pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 73,18, dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 81,27.
Kata Kunci : Hasil belajar, ilmu pengetahuan alam, metode eksperimen.

Abstract
This research aims to increase learning result of science through experiment methods in elementary school grade V semester II SD Negeri 04 Wiro Subdistrict Bayat 2017/2018. This research was a Classroom Action Research. Stages in this research were contain of 3 cycles. Every cycle consist of 4 phase, such as (1) planning, (2) implementation, (3) observation, (4) reflection. Subject research were 11 students grade V SD Negeri 04 Wiro. Techniques in retrieving data were interview, observation, documentation, and test. Instruments using in this research were students observation sheet, teachers observation sheet, and evaluation sheet. Data had been analyzed by qualitative and quantitative techniques. Results of this research showed that there are increasing learning results of science of grade V by using experimental methods. Incresing learning results could be seen from students estimation scores in every cycle. By using experimental methods, learning results increasing from 58,36 to 65,36 in cycle I, again in cycle II to 73,18, and cycle III to 81,27.
Keywords: learning results, science, experimental methods.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter