PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SUBTEMA BINATANG UNTUK ANAK KELOMPOK A TK AN-NUR II MAGUWOHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA

Lintang Ripti Listianingtyas, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk dihasilkannya produk multimedia pembelajaran yang layak sesuai aspek media dan ahli materi untuk subtema binatang untuk kelompok A TK An-Nur II Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan Sugiyono yang dikolaborasikan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Langkah-langkah penelitian pengembangan yang harus ditempuh meliputi (a) potensi dan masalah, (b) pengumpulan data (c) desain produk yang di kolaborasikan dengan tahap pengembangan media dari ADDIE (1) analysis, (2) design, (3) development (d) validasi produk, (e) revisi produk I (f) uji coba produk, (g) revisi produk II, (h) uji coba produk, (i) revisi produk akhir. Uji coba dilakukan melalui 2 tahap yaitu uji coba produk kepada 5 siswa dan uji coba pemakaian kepada 10 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran subtema binatang untuk anak usia dini dinyatakan layak. Hasil oleh penilaian ahli materi yang memperoleh nilai rata-rata 2,59 yang termasuk dalam kategori layak. Hasil penilaian oleh ahli media mendapatkan nilai rata-rata 2,83 yang termasuk dalam kategori layak. Selanjutnya pada uji coba produk diperoleh nilai rata-rata 0,93 kategori layak. Pada uji coba pemakaian mendapatkan nilai rata-rata 1 dengan kategori layak.
Kata kunci: multimedia, subtema binatang, anak usia dini

Abstract
This development research is aimed at animal and animal aspect for animal group A theme in kindergarten An-Nur II Maguwoharjo, Sleman, Yogyarkarta. This development research adopted Sugiyono development model which collaborated with ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The research development steps to be taken include (a) potentials and problems, (b) data collection (c) collaboed product design with the media development stage of ADDIE (1) analysis, (2) design, (3) development ( d) product validation, (e) product revision I (f) product trial, (g) product revision II, (h) product trial, (i) revision of final product. The experiment was conducted through 2 stages: product trial to 5 students and trial used to 10 students. The results showed that the multimedia learning of animal themes for early childhood is considered feasible. The feasibility of multimedia learning is supported by expert validation and product trial results. Results of the assessment by media experts of 2.83 are eligible categories. The results of the assessment of material experts showed 2.59 with decent category. In the trial the product obtained 0.93 eligible results and trial usage obtained the results of 1 viable category.
Keywords: learning animation, subtheme of animal, early childhood


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter