PELAKSANAAN LIVING VALUES EDUCATION PROGRAM (LVEP) DI RA TIARA CHANDRA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER

Dianita Prastiwi, Prodi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan LVEP, dan (2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan LVEP di RA Tiara Chandra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek adalah kepala sekolah, dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber serta metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Living Values Education Program (LVEP) di RA Tiara Chandra Yogyakarta dalam pembentukan karakter berbasis kurikulum 2013 ditekankan pada nilai agama dan moral, sosial emosional, dan bahasa. (2) Faktor pendukung penerapan LVEP yaitu memiliki master trainer, metode pembelajaran mendukung LVEP, kurikulum bersifat fleksibel, dan adanya dukungan dari anak yang mampu bekerjasama dalam penyelenggaraan LVEP sedangkan faktor penghambat berupa kebiasaan keluarga anak sendiri yang kurang konsisten dalam menerapkan LVEP di rumah, minimnya pengetahuan orang tua tentang LVEP, LVEP tidak dapat diajarkan dalam waktu yang singkat, perbedaan karakteristik siswa, ada yang fast learner dan ada yang slow learner.
Kata kunci: pelaksanaan living values education program (LVEP), pembentukan karakter

Abstract
This study aims to determine: (1) LVEP implementation, and (2) Supporting factors and inhibiting LVEP implementation in RA Tiara Chandra. This research is a qualitative research. Subjects are principals, and teachers. Methods of data collection using interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, and conclusions. Data validity techniques use observational persistence, and triangulation of sources and methods. The results show that: (1) Implementation of Living Values Education Program (LVEP) in RA Tiara Chandra Yogyakarta in the formation of character based on the curriculum 2013 is emphasized on religious and moral values, social emotional, and language. (2) Supporting factors of LVEP implementation are master trainer, learning method support LVEP, curriculum is flexible, and support from children who are able to cooperate in LVEP implementation. Inhibiting factors include the family's own habits that are less consistent in applying LVEP at home, lack of knowledge of parents about LVEP, LVEP can not be taught in a short time, differences in student characteristics, there are fast learner and there is a slow learner.
Keywords: character building, curriculum 2013, and living values education program (LVEP)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter