PERAN LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING (ARPUSDA) KABUPATEN TEGAL DALAM MENINGKATKAN BUDAYA GEMAR MEMBACA MASYARAKAT KABUUPATEN TEGAL
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Budaya membaca masyarakat Kabupaten Tegal, (2) layanan perpustakaan keliling yang dilakukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Tegal, (3) Faktor penghambat dalam melaksanakan layanan perpustakaan keliling guna meningkatkan budaya membaca masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Budaya membaca masyarakat Kabupaten Tegal masih sangat rendah, hal tersebut dilihat dari (a) Kebiasaan membaca masyarakat Kabupaten Tegal yang kurang baik, (b) Rendahnya antusias masyarakat kepada buku sumber belajar/bahan bacaan. (2) Pelaksanaan layanan perpustakaan keliling dilakukan guna untuk: (a) Sebagai fasilitator kepada masyarakat untuk mempermudah masyarakat mendapatkan sumber belajar, (b) Mengenalkan sumber belajar yang tersedia di perpustakaan Daerah. Layanan perpustakaan keliling Arpusda Kabupaten Tegal dilakukan setiap hari (Senin-Sabtu) mulai pukul 08:30-11:00. (3) Faktor penghambat: (a) Kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM), (b) Kurangnya jam layanan dan (c) Kurangnya dukungan dari pemerintah pusat dan aparat Desa.
Kata Kunci: layanan perpustkaan keliling, minat baca.
Abstract
This study aims to describe: 1) people’s reading culture in Tegal regency, 2) the role of mobile library services in improving people’s reading culture in Tegal regency, 3) The obstacles in implementing mobile library services to improve the reading culture of the people, This research is a qualitative research with descriptive type. The results of this study indicated that: 1) People’s reading culture in Tegal regency is still very low, it can be seen from the habits and hobby of reading which is not good. The limited learning resources by the community hampered them in accessing the reading materials, 2) The role of mobile library services which is conducted by: (a) The Office of Regional Library and Archieve in Tegal regency is as a facilitator to the people to facilitate them in accessing the learning resources. (b) The implementation of mobile library services is conducted every Monday-Saturday starting at 08: 30-11. 3) The obstacles is in the form: (a) of hindrances in the implementation of mobile library services such as time / hours of service, (b) the number of human resources, as well as the support from the village and central government.
Keywords: mobile library service, reading interest, community.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.