PENGEMBANGAN BUKU KOMIK PEMBELAJARAN PEDULI DAN CINTA LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TRIRENGGO
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: menghasilkan media komik pembelajaran peduli dan cinta lingkungan dengan kriteria media dan isi materi yang layak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dari 9 tahapan pengembangan Borg & Gall, yaitu studi pendahuluan, perencanaan, mengembangkan, validasi ahli, revisi produk yang tervalidasi secara internal, uji coba awal, uji coba terbatas, uji coba luas, dan produk akhir. Subjek penelitian adalah siswa semester II kelas 1 SD Negeri 1 Trirenggo, Klembon, Bantul. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Instrumen penelitian diuji dengan validitas isi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan skala Likert dan skala Guttman. Dari hasil penelitian dihasilkan buku komik peduli dan cinta lingkungan yang layak. Komik tersebut secara kuantitatif mendapat penilaian dari ahli materi dan ahli media masing-masing adalah 93% (pertimbangan isi dan cara penyajian sangat baik) dan 100% (kondisi fisik, komponen dasar visual, dan mutu komik sangat baik). Sementara, penilaian yang diberikan siswa pada tahap uji coba awal, uji coba terbatas, dan uji coba luas masing-masing 100% yang merupakan kategori sangat baik. Secara kualitatif, media komik “Terima Kasih Katak” mampu menarik perhatian siswa untuk belajar, memudahkan siswa belajar, dan membuat belajar menjadi menyenangkan.
Kata kunci: media komik pembelajaran, peduli dan cinta lingkungan
Abstract
The purposes of this research was: producing learning comic media to instill environment care and love value with appropriate media criteria and material content. This research used development research method from 9 stages of Borg and Gall development. The subject of research was first grade student of SD Negeri 1 Trirenggo, Klembon, Bantul on semester II. Data collection was conducted using questionnaires, observations, and interviews. Research instruments were tested with content validity. Data analysis techniques used descriptive quantitative with Likert scale and Guttman scale. The results of the research produced a decent comic book. The comic quantitatively got assessment from material experts and media experts were 93% (content consideration and presentation method are very good) and 100% (physical condition, visual basic components, and comic quality are very good). Meanwhile, assessment that provided by the students in each the initial trial, limited trial, and extensive trial are 100% which are excellent categories. Qualitatively, comic media “Terima Kasih Katak” was able to attract student’s attention to learn, made students easy to learn, and made learning fun.
Keywords: comic media of learning, environment care and love
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.