PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN UMUM DAERAH SEBAGAI PUSAT SUMBER BELAJAR BAGI MAHASISWA DI PONOROGO

Karina Adinda Ariatna, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendiikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan perpustakaan Umum Daerah sebagai pusat sumber belajar bagi mahasiswa di Ponorogo melalui tiga aspek yaitu: 1) Intensitas pemanfaatan perpustakaan, 2) Aktivitas pemanfaatan perpustakaan, 3) Faktor-faktor pemanfaatan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi penelitian berjumlah 177 mahasiswa, dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling sebanyak 68 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemanfaatan perpustakaan umum daerah sebagai pusat sumber belajar bagi mahasiswa di Ponorogo dalam kategori cukup (61.98%). 1) Intensitas pemanfaatan perpustakaan pada kategori cukup (57.40%). 2) Aktivitas pemanfaatan perpustakaan pada kategori cukup (62.21%). 3) Pemanfaatan perpustakaan umum daerah sebagai pusat sumber belajar bagi mahasiswa Ponorogo berdasarkan faktor-faktor pemanfaatan perpustakaan pada kategori cukup 63.09%. Faktor lain yang dominan dalam pemanfaatan perpustakaan umum daerah bagi mahasiswa di Ponorogo adalah adanya keterbatasan waktu dan lokasi perpustakaan yang jauh dari kampus (47.05%).
Kata kunci: Pemanfaatan Perpustakaan, Perpustakaan Umum Daerah, Pusat Sumber Belajar

Abstract
This study aims to determine the level of utilization Public Library as center of learning resources for students in Ponorogo through three aspects: 1) Intensity of library utilization, 2) Library utilization activities, 3) Factors of library utilization. This study uses quantitative descriptive method with data collection techniques using questionnaires and documentation. The population are 177 students, with accidental sampling techniqueof 68 students. The result of the research shows that utilization of local public library as a learning resource center for students in Ponorogo is sufficient category (61.98%). 1) Intensity of library utilization in adequate category (57.40%). 2) Activities of library utilization in adequate category (62.21%). 3) Factors of utilization library on the enough category (63.09%). Another dominant factor in the utilization of local public libraries for students in Ponorogo is the lack of time and location of libraries far from the campus (47.05%).
Keywords: Library Utilization, Local Public Library, Learning Resource Center


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter