PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PASAK KOMBINASI UNTUK ANAK TK PERTIWI IV NGEPANREJO BANDONGAN MAGELANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk alat permainan edukatif yang layak digunakan untuk mengembangkan aspek kemampuan dasar motorik, kognitif dan bahasa anak TK Pertiwi IV Ngepanrejo kelompok B, Bandongan, Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadopsi dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Langkah yang ditempuh peneliti hanya tujuh langkah yaitu: 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan utama, 7) penyempurnaan produk akhir. Hasil penelitian ini adalah alat permainan edukatif pasak kombinasi. Berdasarkan dari hasil validasi ahli materi tahap 1 dalam aspek pembelajaran memperoleh skor rata-rata 3,5 dikategorikan baik, pada aspek isi memperoleh skor rata-rata 3,37 dikategorikan cukup. Pada validasi ahli materi tahap 2 pada aspek pembelajaran memeperoleh skor rata-rata 4,45 dikategorikan sangat baik, pada aspek isi memperoleh skror rata-rata 4,87 dikategorikan sangat baik. Pada validasi ahli media tahap 1 pada aspek fisik mendapatkan skor rata-rata 4,66 dikategorikan sangat baik, pada aspek desain tampilan memperoleh skor rata-rata 4 dikategorikan baik, pada aspek pemanfaatan memperoleh skor rata-rata 5 dikategorikan sangat baik. Pada validasi ahli media tahap 2 pada aspek fisik memperoleh skor rata-rata 4,67 sehigga dikategorikan sangat baik, pada aspek desain tampilan memperoleh skor rata-rata 4,67 dikategorikan sangat baik, pada aspek pemanfaatan memperoleh skor rata-rata 5 dikategorikan sangat baik. Sehingga secara keseluruhan produk alat permainan edukatif pasak kombinasi dikatakan layak untuk mengembangkan aspek kemampuan dasar motorik, kognitif dan bahasa anak TK Pertiwi Ngepanrejo kelompok B.
Kata Kunci : Alat Permainan Edukatif, penelitian pengembangan, Anak TK Kelompok B
Abstract
This research aims to produce education game tool produts for develop basic motor skills aspect, cognitive and the child language of kindergarter pertiwi IV Ngepanrejo grub B, Bandongan, Magelang. This research is developmen research adopted from ten research steps and Borg and Gall’s development. The steps taken only 7 steps: 1) The fist research and information gathering, 2) Planning, 3) The fist product developmen, 4) The fist field trial, 5) Revision of trial results, 6) Main field trial,7) Completion of the final product. The result of this research is educational game tool product of combination’s pasak. Based on the validation of the result from materials expert in step 1, the average score of learning aspect reach 3.5 that it belongs to good category, on the content aspect the average score reach 3.37 it belongs to fair category. On the validation of materials expert in steps 2, the average score of learning aspect reach 4.45 it belongs to very good category, on the content aspect the average score reach 4.87 it belongs to very good category. On the validation of media expert in step1, the physical aspect could reach 4.66 it belongs to very good category, the average score of design aspect reach 4 it belongs to fair category, the average score of beneficial aspect reach 5 it belongs to very good category. On the validation of media expert in steps 2, the average score of physical aspect reach 4.67, with the result that it belongs to very good category, the average score of design aspect reach 4.67 it belongs to very good category, the average score of beneficial aspect reach 5 it belongs to very good category. So, the entire product of the educational tools of the combination pegs is too feasible to develop the basic motoric skills, cognitive, and language aspects of the children in TK Pertiwi Ngepanrejo group B.
Keyword: educational game tool, combination pegs, children of TK in group B
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.