PROFIL SISWA YANG MEMILIKI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA KECAMATAN PLERET, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Cendrayani Oni Dahana, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendapatkan profil siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul dan (2) mendapatkan aspek apa saja yang mempengaruhi siswa dalam berpikir kritis Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian meliputi wali kelas IX dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta pengambilan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yaitu, (1) mampu menganalisis suatu masalah atau argumen orang lain, (2) mampu berkomunikasi dengan baik, (3) mampu mencari tahu kebenaran dengan meneliti informasi yang datang, (4) mampu menerima pendapat dari orang lain, (5) mampu memecahkan masalah dan memberikan solusi, (6) memiliki keingintahuan yang tinggi, (7) tidak mudah percaya pada informasi yang baru datang, (8) senang bertanya dan bisa menjawab pertanyaan, (9) mampu membayangkan kemungkinan jawaban atas pertanyaan yang diberikan, dan (10) mampu menyampaikan pendapat dengan baik. Dan aspek yang mempengaruhi siswa dalam berpikir kritis di Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Pleret yaitu, (1) motivasi diri, (2) pengembangan intelektual diri, (3) rasa cemas pada diri, (4) interaksi dengan orang lain, (5) lingkungan pertemanan dan (6) kebiasaan sehari-hari.
Kata kunci : profil, berpikir kritis, sekolah menengah pertama

Abstract
The purposes of this research were: (1) providing the profile students who had critical thinking ability on secondary school in Pleret district, Bantul Regency ; and (2) discovering any what aspects affected on critical thinking ability of secondary school students in Pleret district, Bantul Regency. This research were qualitative research, the subject of this research involved teachers and students class IX. The techniques that was used for collecting data were observations, interviews, and documentation. The instrument that used were observation and interview guidelines. The techniques for analizing data in this study were data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. Technique of validity inspection using source triangulation and technique triangulation. The results showed that the profile of students who have the ability critical thinking were, (1) well to do analyze a problem or argument of other, (2) capable communicate well, (3) afford find out the truth by researching the coming information, (4) be able accept opinions from others, (5) able to solve problems and provide solutions, (6) have a high curiosity, (7) not easily believe in new information coming, (8) happy to ask questions, (9) wealthy imagine possible answers to questions given, and (10) be able express opinions well. And the aspect that influence student in critical thinking in Pleret District junior high school are: (1) self-motivation, (2) intellectual development of self, (3) self-esteem, (4) interaction with others, (5) friendship, and (6) daily habits.
Keywords: profile, critical thinking, junior high school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter