EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN ELLIS SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS 2 SMP BOPKRI 3 YOGYAKARTA

Ardina Friesty Rohmat Fathoni, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas media Ellis sebagai sumber belajar pada pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan evaluasi formatif. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran Ellis yang terdapat di SMP Bopkri 3 Yogyakarta dan untuk subjek penelitian adalah peserta didik kelas 2 atau 8 SMP Bopkri 3 Yogyakarta. Tahapan evaluasi media pembelajaran ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: klarifikasi tujuan dari produk, mendefinisikan tujuan evaluasi, termasuk klarifikasi tipe evaluasi, penentuan pertanyaan evaluasi, perencanaan evaluasi, menentukan kriteria, indikator, dan sumber data, pengembangan instrumen, mengajuakan proposal evaluasi, revisi proposal evaluasi, menjadwalkan pertemuan evaluasi, melakukan evaluasi, melaporkan hasil. Pada evaluasi dilakukan dua tahap evaluasi formatif, yaitu : pertama, review oleh ahli di luar tim pendesain instruksional dan kedua, uji coba lapangan. Metode pengumpulan data adalah angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran Ellis sebagai sumber belajar pada pembelajaran Bahasa Inggris ini layak untuk digunakan. Kualitas media dibuktikan dengan hasil review ahli media (80,43%) tergolong kategori “Sangat Baik” dan review ahli materi (80,43%) tergolong kategori “Sangat Baik”. Penilaian kualitas media pembelajaran juga diperkuat hasil uii coba lapangan dengan melibatkan 27 siswa. Hasil uji coba lapangan (80,39%) dan tergolong kategori “Sangat Baik”. Hasil keseluruhan penilaian kualitas media pembelajaran Ellis ini layak digunakan sebagai sumber belajar pada pembelajaran Bahasa Inggris.
Kata kunci: Evaluasi Media Pembelajaran, Sumber Belajar, Bahasa Inggris

Abstract
This study has a goal is to determine the quality of Ellis media as a source of learning English. This study uses formative evaluation. Object in this research is Ellis learning media found in SMP Bopkri 3 Yogyakarta and for subject of research is student of class 2 or 8 SMP Bopkri 3 Yogyakarta. The evaluation stages of the learning media are carried out with the following steps: clarify the objectives of the product, define the evaluation objectives, including the evaluation type clarification, the determination of the evaluation question, the evaluation plan, determine the criteria, indicators, and data sources, develop the instrument, revised evaluation proposal, scheduled evaluation meetings, evaluated, reported results. In the evaluation, two formative evaluation phases were conducted: first, a review by an expert outside the instructional design team and second, field trials. The data collection method is a questionnaire. While the technique of data analysis using descriptive statistics with Likert scale. The results show Ellis's learning media as a learning resource in English learning is feasible to use. The quality of media is evidenced by the results of media expert review (80.43%) is classified as "Very Good" and review of material experts (80.43%) is classified as "Very Good". The quality of instructional media was also reinforced by field trial involving 27 students. Field test results (80.39%) and classified as "Very Good". The overall result of Ellis's media quality assessment is feasible to be used as a learning resource in English learning.
Keywords: Evaluation of Learning Media, Learning Resources, English


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter