PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PATALAN BARU BANTUL

Sumiyati Sumiyati,

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pendidikan
karakter peduli lingkungan yang layak digunakan dalam pembelajaran oleh siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Pada penelitian dan pengembangan ini, peneliti menggunakan tiga model pengembangan yaitu model
penelitian dan pengembangan Borg & Gall (1989), model pengembangan multimedia Alessi dan Trollip
(2001), dan model pengembangan desain pembelajaran Dick dan Carey (2005). Ketiga model tersebut
dimodifikasi sehingga menghasilkan tahapan sederhana yaitu studi pendahuluan, perencanaan, dan
pengembangan. Angket penilaian menggunakan skala lima untuk ahli dan skala tiga untuk siswa. Hasil
penelitian berupa produk multimedia yang telah divalidasi dan diujicobakan ke lapangan. Berdasarkan
hasil validasi ahli materi dengan skala 5 pada aspek pembelajaran adalah 4,35 (“Sangat Baik”), aspek
materi 4,57 (“Sangat Baik”). Hasil validasi ahli media pada aspek fisik 4,50 (“Sangat Baik”), aspek
tampilan 4,31 (“Sangat Baik”), dan aspek pemrograman 4,33 (“Sangat Baik”). Hasil penilaian guru pada
aspek tampilan adalah 4,36 “Sangat Baik”, aspek pemrograman 4,66 “Sangat Baik”, aspek materi 4,60
“Sangat Baik”, aspek pembelajaran 4,80 “Sangat Baik”. Dengan menggunakan teknik skala tiga, hasil
ujicoba perorangan 2,73 (“Baik”), hasil uji coba kelompok kecil 2,82 (“Baik”), dan uji coba lapangan
2,83 (“Baik”). Jadi dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan telah layak untuk digunakan
sebagai media dalam proses pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter