EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 2 KANDANGWANGI KABUPATEN BANJARNEGARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 2
Kandangwangi antara yang diajar dengan media video dan pembelajaran konvensional (2) keefektifan
penggunaan media video dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 2 kandangwangi. Jenis penelitian
ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan quasi eksperimen dengan jenis pretest-posttest
control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Kandangwangi, sejumlah 40 orang
siswa kelas IVA dan kelas IVB. Analisa data dilakukan secara kuantitatif yakni menggunakan
perhitungan uji t-test. Semua hasil dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS versi 15. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar IPA antara yang diajar dengan menggunakan media
video dan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji-t posttest antar
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukan perbedaan yang signifikan dengan perolehan thitung
4,591 lebih besar dari t-tabel 2,024. (2) Pembelajaran dengan media video lebih efektif daripada
model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran IPA dengan bobot keefektifan 21,74%. Hal ini
ditunjukan dari Mean difference kelas eksperimen sebesar 71,25, lebih tinggi dari pada Mean difference
kelas kontrol sebesar 64.625
Kandangwangi antara yang diajar dengan media video dan pembelajaran konvensional (2) keefektifan
penggunaan media video dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 2 kandangwangi. Jenis penelitian
ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan quasi eksperimen dengan jenis pretest-posttest
control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Kandangwangi, sejumlah 40 orang
siswa kelas IVA dan kelas IVB. Analisa data dilakukan secara kuantitatif yakni menggunakan
perhitungan uji t-test. Semua hasil dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS versi 15. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar IPA antara yang diajar dengan menggunakan media
video dan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji-t posttest antar
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukan perbedaan yang signifikan dengan perolehan thitung
4,591 lebih besar dari t-tabel 2,024. (2) Pembelajaran dengan media video lebih efektif daripada
model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran IPA dengan bobot keefektifan 21,74%. Hal ini
ditunjukan dari Mean difference kelas eksperimen sebesar 71,25, lebih tinggi dari pada Mean difference
kelas kontrol sebesar 64.625
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.