PERAN PENGAWAS DALAM PEMBINAAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS III BABARSARI KECAMATAN DEPOK SLEMAN
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peran pengawas dalam pembinaan kompetensi profesional guru, hambatan, dan upaya mengatasi hambatan dalam pembinaan kompetensi profesional guru sekolah dasar di Gugus III Babarsari Kecamatan Depok Sleman. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Analisis data dengan teknik analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Subjek penelitian ini adalah pengawas, kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan: (1) peran pengawas sebagai pemantau, supervisor, evaluator dan tindak lanjut. (2) hambatannya adalah kurangnya intensitas kunjungan pengawas ke sekolah, beban kerja pengawas tidak sebanding dengan jumlah sekolah, kurangnya variasi dalam penyampaian materi pembinaan, kurangnya kegiatan pengembangan kompetensi profesional guru. (3) Upaya mengatasi yaitu pengawas bekerjasama dengan stakeholder dalam mengoptimalkan kegiatan, pengadaan kegiatan tambahan yakni melalui workshop, penerapan metode In Hause Treaning, memberi reword untuk guru yang aktif dalam kegiatan pembinaan dan kegiatan supervisi lebih ditingkatkan kembali.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.