PERBEDAAN MOTIVASI KERJA GURU TIDAK TETAP DAN GURU TETAP YAYASAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN BANYUMAS

Ade Iryani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) motivasi kerja guru tidak tetap dan guru tetap yayasan di Sekolah
Dasar Muhammadiyah se-Kabupaten Banyumas, 2) perbedaan motivasi kerja antara guru tidak tetap dan guru tetap
yayasan di Sekolah Dasar Muhammadiyah se-Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 75 responden yang terdiri
dari 27 guru tidak tetap dan 48 guru tetap yayasan di SD Muhammadiyah se-Kabupaten Banyumas. Metode
pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment yang
menunjukkan sebanyak 42 butir pernyataan valid dan sebanyak 8 butir pernyataan tidak valid. Uji reliabilitas
menggunakan rumus Alfa Cronbach sebesar 0,960 sehingga reliable. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Motivasi kerja guru tetap yayasan
(GTY) sebagian besar menyatakan dalam kategori tinggi sebanyak 37 orang (77,1%). 2) Motivasi kerja guru tidak
tetap (GTT) sebagian besar menyatakan dalam kategori tinggi sebanyak 18 orang (66,7%). 3) Terdapat perbedaan
motivasi kerja GTT dan GTY yang ada di SD Muhammadiyah se-Kabupaten Banyumas. Hal ini dibuktikan dengan
hasil perhitungan uji-t yang menghasilkan thitung sebesar 2,865 > ttabel 2,000.


Full Text:

PDF

Refbacks