STRATEGI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SE-KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK se-Kecamatan Sedayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, kepala tata usaha, komite, dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan interactive model dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK se-Kecamatan Sedayu: memberdayakan potensi peserta didik, mengoptimalkan MGMP, meningkatkan profesionalisme guru, menjalin kerjasama dengan wali siswa, komite, dan masyarakat, meningkatkan prestasi akademik dan non akademik, dan melaksanakan pendidikan karakter; 2) faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK se-Kecamatan Sedayu antara lain: kepemimpinan kepala sekolah, kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik, kurikulum, keuangan, sarana prasarana, dan lingkungan sekolah.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.