IMPLEMENTASI PENGGUNAAN BUKU PENGHUBUNG SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI GURU DAN ORANG TUA DI TAMAN KANAK-KANAK MASJID KAMPUS UGM

Nas Rum Khasanah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan buku penghubung sebagai sarana komunikasi di Taman Kanak-Kanak Masjid Kampus UGM dan Kendala komunikasi antara guru dengan orangtua Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan orang tua siswa. Lokasi penelitian di Taman Kanak-Kanak Masjid Kampus UGM. Metode pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: (1) Buku penghubung digunakan oleh guru sebagai laporan harian perkembangan kegiatan siswa. Aspek yang dilaporkan meliputi doa pembuka, imtaq, iqro’, sholat, makan snack, makan siang, kegiatan sentra dan kegiatan lain. Pengisian dilakukan setiap hari oleh guru (2) Guru mengalami kesulitan memperoleh informasi ketika tidak adanya respon dari orang tua. Informasi tersebut membuat guru tidak bisa mengetahui perkembangan siswa dirumah namun sejauh ini sudah dapat teratasi dengan menggunakan media WhatsApp.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.