KEPEMIMPINAN MUTU KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIDAYAH PURWOKERTO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan mutu yang dijalankan Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian meliputi Kepala Sekolah/Madrasah, Waka Kesiswaan, Guru, Staf, dan Peserta Didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Demonstrasi kepemimpinan memperlihatkan beliau sosok yang mampu merangkul seluruh personilnya. (2) Pembangunan kesadaran terhadap mutu dilakukan dengan berbagai upaya. (3) Keterbukaan lini komunikasi dijalankan dengan komunikasi bersifat terbuka dan kekeluargaan. (4) Kepala madrasah menciptakan dorongan di lembaganya agar bawahannya mau bersama-sama mencapai tujuan lembaga. (5) Kepala madrasah fokus kepada pelanggannya dengan bemengerti kebutuhan dan harapan pelanggannya. (6) Pengembangan kerja tim dilakukan dengan evaluasi kinerja tim. (7) Kepala madrasah memberikan dukungan, dan mengikutkan bawahannya diklat. (8) Pembangunan tanggapan dan kepercyaan telah dilakukan. (9) Lingkungan yang continous improvement diupayakan dengan peningkatan kualitas pegawai. (10) Penggunaaan tim dilaksanakan terutama ketika ada kegiatan besar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.