KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan transformasional kepala Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta berdasarkan empat dimensi kepemimpinan transformasional yaitu pengaruh ideal (idealized influence), motivasi inspirasi (Inspirational motivation), stimulasi intelektual (Intellectual stimulation), dan konsiderasi individu (Individualized consideration). Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Kota Yogyakarta mulai November 2016 sampai April 2017. Populasi penelitian adalah semua guru SMA Negeri Kota Yogyakarta sejumlah 460 guru dan sampel berjumlah 83 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Teknik analisis data adalah metode deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala SMA Negeri di Kota Yogyakarta termasuk kategori tinggi (75,66%). Persentase masing-masing dimensi sebagai berikut: (1) pengaruh ideal (79,36%) termasuk kategori sangat tinggi, (2) motivasi inspirasional (74,96%) termasuk kategori tinggi, (3) stimulasi intelektual (75,25%) termasuk kategori tinggi, dan (4) konsiderasi individu (73,29%) termasuk dalam kategori tinggi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.