IMPLEMENTASI KURIKULUM KHUSUS DI SMA TARUNA NUSANTARA KABUPATEN MAGELANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) implementasi kurikulum khusus di SMA Taruna Nusantara Magelang, (2) hambatan yang dihadapi, (3) upaya dalam mengatasi hambatan yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data yang menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif. Hasil penelitian: (1) tujuan kurikulum khusus adalah sebagai pedoman sekaligus upaya sistematis dan terencana dalam melaksanakan pendidikan yang berciri khusus, mengembangkan kemampuan akademik, kepribadian dan kesamaptaan jasmani, serta menanamkan dan mengembangkan potensi serta nilai kedisiplinan, kepemimpinan dan karakter yang kuat. Implementasi kurikulum khusus menggunakan pendekatan intelektualistik, aktualistik, laboratorik, inspiratif, dan keteladanan. Evaluasi pembelajaran menggunakan Penelitian Acuan Patokan. (2) Hambatan yang dihadapi yaitu jumlah pamong tidak sebanding dengan jumlah dan lapangan pelatihan pinjam milik AKMIL. (3) Upaya yang dilakukan dengan membentuk pleton Patroli Keamanan Sekolah untuk pengawasan dan menggeser jadwal latihan jika bertepatan dengan jadwal latihan AKMIL.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.