KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI II WONOGIRI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan manajerial Kepala Sekolah di
SMA Negeri II Wonogiri. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Subjek penelitian adalah adalah Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah.
Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan instrumen pendukung
pengumpulan data berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman
dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif yaitu melalui beberapa tahapantahapan
diantaranya mengorganisasikan data, pengelompokan data, menguji asumsi atau
permasalahan yang ada pada data, mencari alternatif penjelasan data dan menulis hasil
penelitian. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kemampuan manajerial kepala sekolah
secara umum adalah baik. Pada penyusunan perencanaan sudah sesuai dengan konsep
penyelenggaraan sekolah yang tertuang dalam Permendiknas Nomor 17 tahun 2010 tentang
Standar Pengelolaan Pendidikan. Pengorganisasian dilakukan dengan penempatan dan alokasi
sumber daya yang ada terhadap berbagai program kegiatan sesuai dengan kompetensi yang
dimiliki. Pada pengaktifan dan pengawasan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah sudah
berjalan dengan baik. Kepala sekolah melakukan tindakan korektif, sehingga program
kegiatan terlaksana dengan baik. Pada pencapaian sasaran dilakukan dengan cara melakukan
monitoring dan evaluasi secara berkesinambungan. Pelaksanaan monitoring dilakukan dengan
pendekatan budaya atau kekeluargaan. Pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah
dilakukan dengan membuat laporan tahunan. Namun juga diperoleh beberapa kelemahan
yaitu perencanaan belum melibatkan seluruh guru, kurangnya komunikasi dengan seluruh
guru baik formal maupun informal yang bertujuan untuk menampung seluruh permasalahanpermasalahan
yang dihadapi guru dalam meningkatkan kompetensi guru.
Kata kunci : kemampuan manajerial, kepala sekolah
Abstract
This study aims to determine the principal managerial skills at State High School II Wonogiri.
This study is a deskriptive research with quantitative approach. The subjects are the Principal and
Vice Principal. The research instrument used was the researcher which using supporting data
collection instruments such as interview guides, observation and documentation guidelines. Data were
analyzed with descriptive qualitative through several stages such as data organizing, data grouping,
test assumptions or problems that exist in the data, looking for an alternative explanation of the data
and presenting the results. The results showed that generally the manajerial skills of Principal was
good. The planning process was in accordance with the concept of school administration as stipulated
in the Ministerial Regulation No. 17 of 2010 on Education Management Standard. The organization
has been well done . Organizing done with the placement and allocation of available resources to various program activities in accordance with their competenc. The activation and monitoring has
been well done. The Principal took corrective action, so that the program activities implemented
well. The achieving objectives process by performing continuous monitoring and evaluation.
Implementation of the monitoring carried out by cultural or familial approach. Reporting program
activities conducted by the school's annual reports. But there were any problems, namely the planning
process had not included the teachers and limited communication between the School Principal and
the teachers in order to solve the problems arised.
Keywords :Managerial Skill, Principal
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan manajerial Kepala Sekolah di
SMA Negeri II Wonogiri. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Subjek penelitian adalah adalah Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah.
Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan instrumen pendukung
pengumpulan data berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman
dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif yaitu melalui beberapa tahapantahapan
diantaranya mengorganisasikan data, pengelompokan data, menguji asumsi atau
permasalahan yang ada pada data, mencari alternatif penjelasan data dan menulis hasil
penelitian. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kemampuan manajerial kepala sekolah
secara umum adalah baik. Pada penyusunan perencanaan sudah sesuai dengan konsep
penyelenggaraan sekolah yang tertuang dalam Permendiknas Nomor 17 tahun 2010 tentang
Standar Pengelolaan Pendidikan. Pengorganisasian dilakukan dengan penempatan dan alokasi
sumber daya yang ada terhadap berbagai program kegiatan sesuai dengan kompetensi yang
dimiliki. Pada pengaktifan dan pengawasan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah sudah
berjalan dengan baik. Kepala sekolah melakukan tindakan korektif, sehingga program
kegiatan terlaksana dengan baik. Pada pencapaian sasaran dilakukan dengan cara melakukan
monitoring dan evaluasi secara berkesinambungan. Pelaksanaan monitoring dilakukan dengan
pendekatan budaya atau kekeluargaan. Pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah
dilakukan dengan membuat laporan tahunan. Namun juga diperoleh beberapa kelemahan
yaitu perencanaan belum melibatkan seluruh guru, kurangnya komunikasi dengan seluruh
guru baik formal maupun informal yang bertujuan untuk menampung seluruh permasalahanpermasalahan
yang dihadapi guru dalam meningkatkan kompetensi guru.
Kata kunci : kemampuan manajerial, kepala sekolah
Abstract
This study aims to determine the principal managerial skills at State High School II Wonogiri.
This study is a deskriptive research with quantitative approach. The subjects are the Principal and
Vice Principal. The research instrument used was the researcher which using supporting data
collection instruments such as interview guides, observation and documentation guidelines. Data were
analyzed with descriptive qualitative through several stages such as data organizing, data grouping,
test assumptions or problems that exist in the data, looking for an alternative explanation of the data
and presenting the results. The results showed that generally the manajerial skills of Principal was
good. The planning process was in accordance with the concept of school administration as stipulated
in the Ministerial Regulation No. 17 of 2010 on Education Management Standard. The organization
has been well done . Organizing done with the placement and allocation of available resources to various program activities in accordance with their competenc. The activation and monitoring has
been well done. The Principal took corrective action, so that the program activities implemented
well. The achieving objectives process by performing continuous monitoring and evaluation.
Implementation of the monitoring carried out by cultural or familial approach. Reporting program
activities conducted by the school's annual reports. But there were any problems, namely the planning
process had not included the teachers and limited communication between the School Principal and
the teachers in order to solve the problems arised.
Keywords :Managerial Skill, Principal
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.