PENGELOLAAN PROGRAM KERJA KOPERASI SEKOLAH “TUNAS PELITA” DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOPERASI YOGYAKARTA

Murtika Rachmi,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengelolaan program kerja
koperasi sekolah, (2) hambatan dalam pengelolaan program kerja, (3) upaya yang
dilakukan dalam mengatasi hambatan pengelolaan program kerja koperasi sekolah SMK
Koperasi Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Sumber
informasi adalah kepala sekolah, guru pembimbing, karyawan, dan siswa.Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan
data dilakukan dengan triangulasi data.Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan
program kerja koperasi sekolah secara rinci mencakup: (1) perencanaan program
koperasi adalah merencanakan kegiatan disetiap bidang, anggaran kegiatan, kerjasama
dengan distributor. Pelaksanaan dilakukan oleh pengurus dengan bimbingan guru dan
karyawan koperasi, melaksanakan kegiatan dengan anggaran yang ada, pemilihan
kerjasama dengan distributor. Evaluasi setiap 3 bulan sekali untuk mengontrol kegiatan
koperasi, evaluasi anggaran yang digunakan, evaluasi kerjasama yang terjalin dengan
distributor, (2) Hambatan pengelolaan program kerja koperasi sekolah sebagian besar
faktor dari sumber daya manusia. Kurang minatnya siswa dalam kegiatan ekstern,
kurangnya tanggungjawab dan adanya keterbatasan pengurus dalam pembuatan
laporan, kurang bertanggungjawabnya pengurus dalam tugas di koperasi, (3) Solusi
terhadap hambatan ini dilakukan dengan mengadakan pendekatan kepada pengurus,
pemberian pelatihan, meningkatkan kerjasama dalam koperasi serta melakukan
koordinasi dengan semua pengurus dan karyawan koperasi mengenai proses
menjalankan kegiatan koperasi dengan tujuan agar program kerja koperasi sekolah
dapat tercapai.
Kata Kunci: pengelolaan, program kerja, koperasi sekolah.
Abstract
This study aimed to describe: (1) managing working program, (2) barriers in the
management of the work program, (3) the efforts made to overcome the management
of cooperative work program at SMK Koperasi Yogyakarta. This research is descriptive
information kualitatif.source or information is the principal, guidance counselor,
employees, and student.Engineering data collection using interviews, observations, and
documentation. The validity of the data is done by triangulation data.result of research
showed: (1) program planning is to plan in every field of activity, budget activity,
cooperation with distributors. Implementation done by the board with the guidance of teachers and employees of cooperatives, carry out activities with the existing budget,
the selection cooperation with distributors. Evaluation every 3 months for the control of
koperasi activity, evaluation of the budget used, evaluation of the cooperation that
exists with the distributor), (2) Barriers to the management of cooperative work
program school most of the factors of human resources. Lack of student interest in
external events, lack of responsibility and the limitations of the board in making the
report, less irresponsible management in at koperasi, (3) solution to the constraints is
done by making the approach to the management, provision of training, increase
cooperation in a cooperative and coordinated with all the officers and employees of
cooperatives on the run cooperative activities with the goal of keeping the school
cooperative work program can be achieved.
Keywords: managing, work programs, koperasi sekolah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.