DESKRIPSI KEGIATAN YANG DILAKUKAN GURU SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INTERNASIONAL LUQMAN AL HAKIM BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA DALAM PENGEMBANGAN DIRI DI LUAR TUGAS POKOK MENGAJAR

Sidik Suripto,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kegiatan yang dilakukan guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Al Hakim Banguntapan Bantul Yogyakarta dalam pengembangan diri di luar tugas pokok mengajar, (2) hambatan dan harapan dalam kegiatan yang dilakukan guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Al Hakim Banguntapan Bantul Yogyakarta dalam pengembangan diri di luar tugas pokok mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel dengan teknik purpossif sampling, sebanyak 20 guru yang menjadi wali kelas, dengan instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) kegiatan yang dilakukan guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Al Hakim Banguntapan Bantul Yogyakarta dalam pengembangan diri di luar tugas pokok mengajar berada dalam kategori cukup dengan rata-rata persentase total sebesar 55,74%. (2) Hambatan yang ditemukan yaitu faktor waktu, biaya, fasilitas/sarana prasarana, akses beasiswa studi lanjut, dan motivasi. Harapannya adalah para guru menginginkan adanya program pengembangan, beasiswa studi lanjut S2, alokasi waktu, dukungan dan motivasi.
Kata kunci: guru, kegiatan guru, mengajar
Abstract
This study aims to find out: (1) Activities done by teachers in Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Al Hakim Banguntapan Bantul Yogyakarta on self-development outside teaching as their main duty; and (2) Obstacles and expectation in activities carried out by teachers in Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Al Hakim Banguntapan Bantul Yogyakarta on self-development outside teaching as their main duty. This is actually a kind of descriptive quantative study. The samples, 20 people as home teachers, were taken using purposive sampling. In this way, the instrument employed was questionnaire. The findings are: (1) The activities done by teachers in Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Al Hakim Banguntapan Bantul Yogyakarta on self-development outside teaching as their main duty are categorized as enough with 55.74% as the percentage average; and (2) The obstacles found are time, fund, facilities, access of magister scholarship, and motivation. The teachers expect that they want to have development program, magister scholarship, time allocation, support, and motivation.
Key words: teachers, techers’ activities, teaching

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.