MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU BINA ANAK SHOLEH GIWANGAN KOTA YOGYAKARTA

Nudia Amburika,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pengembangan kurikulum di Sekolah
Menengah Pertama (SMP) Bina Anak Soleh (BIAS) Giwangan kota Yogyakarta. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses
manajemen pengembangan kurikulum di SMPIT BIAS Yogyakarta terdiri dari: (1) perancangan kurikulum
meliputi: (a) sosialisasi kurikulum; (b) membentuk tim pengembang; (c) membuat konsep kurikulum; (d)
membuat silabus dan RPP. Sehingga dalam kegiatan perancangan ini menghasilkan buku pedoman I yang
disebut landasan dan buku pedoman II yang berisi silabus dan RPP. (2) Perencanaan kurikulum meliputi:
(a) penyusunan juknis dan juklak; (b) penyusunan silabus dan RPP sesuai karakteristik sekolah. (3)
Pelaksanaan pengembangan kurikulum meliputi: (a) pengembangan program tingkat lembaga; (b)
pengembangan program tingkat mata pelajaran; (c) pengembangan program pengajaran di sekolah (kelas).
(4) Evaluasi kurikulum meliputi tiga macam, yaitu: (a) evaluasi terhadap kurikulum itu sendiri; (b) evaluasi
terhadap pelaksana kurikulum; dan (c) evaluasi terhadap proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.