KEPUASAN SISWA TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN UKS DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN MLATI SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan siswa terhadap pelayanan kesehatan
UKS di SMPN Se-Kecamatan Mlati. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling
berdasarkan tabel Isaac dan Michael pada taraf signifikansi 5%. Sampel penelitian adalah siswa
kelas VIII di SMP Negeri se-Kecamatan Mlati sebanyak 182 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan siswa terhadap pelayanan kesehatan UKS di
SMPN Se-Kecamatan Mlati berada pada kategori memuaskan (71,72%). Dari kelima sub variabel
dalam pengukuran tingkat kepuasan siswa masuk dalam kategori memuaskan, dengan perolehan
sub variabel jaminan mendapatkan skor perolehan sebesar 5297 (72,76%), sub variabel tanggapan
mendapatkan skor perolehan sebesar 3143 (71,96%), skor sub variabel empati mendapatkan skor
3628 (71,19%), dan pada sub variabel kehandalan mendapatkan skor perolehan sebesar 3585
(70,35%), dan sub variabel bukti fisik mendapatkan skor perolehan sebesar 5755 (71,87%).
UKS di SMPN Se-Kecamatan Mlati. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling
berdasarkan tabel Isaac dan Michael pada taraf signifikansi 5%. Sampel penelitian adalah siswa
kelas VIII di SMP Negeri se-Kecamatan Mlati sebanyak 182 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan siswa terhadap pelayanan kesehatan UKS di
SMPN Se-Kecamatan Mlati berada pada kategori memuaskan (71,72%). Dari kelima sub variabel
dalam pengukuran tingkat kepuasan siswa masuk dalam kategori memuaskan, dengan perolehan
sub variabel jaminan mendapatkan skor perolehan sebesar 5297 (72,76%), sub variabel tanggapan
mendapatkan skor perolehan sebesar 3143 (71,96%), skor sub variabel empati mendapatkan skor
3628 (71,19%), dan pada sub variabel kehandalan mendapatkan skor perolehan sebesar 3585
(70,35%), dan sub variabel bukti fisik mendapatkan skor perolehan sebesar 5755 (71,87%).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.