PENGELOLAAN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE KECAMATAN MUNTILAN

Rury Sandra Dewi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang; (1) masalah‐masalah pengelolaan kelas
baik individu maupun kelompok dan; (2) upaya mengatasi masalah pengelolaan kelas yang terjadi dalam
proses pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama se Kecamatan Muntilan.Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kuantitatif dengan satu variabel yaitu pengelolaan kelas. Subjek penelitian ini adalah
guru SMP negeri maupun swasta di Kecamatan Muntilan. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai
berikut: (1) Masalah individu yang banyak terjadi yaitu: tingkah laku siswa ingin mendapat perhatian
orang lain (52%); ingin menunjukkan kekuatan (27,5%); ingin menyakiti orang lain (21%); dan sebagai
peragaan ketidakmampuan (15%). Untuk masalah kelompok yang paling menonjol yaitu: ketika
pembelajaran kelompok, kelompok mudah beralih perhatiannya dari tugas guru (79%), kelas mereaksi
negatif terhadap salah seorang anggota (54%), semangat kerja rendah (25%), kelas kurang mampu
menyesuaikan diri dengan keadaan baru (23%), keadaan kelas kurang kohesif (13%), dan kelas
membesarkan hati anggota kelas yang justru melanggar norma (8%). (2) Upaya mengatasi masalah
pengelolaan kelas baik masalah individu maupun kelompok, yaitu dengan memberi teguran dan
nasehat, pendekatan interpersonal dan melimpahkan kepada guru bimbingan konseling.


Kata kunci: Pengelolaan kelas, Pembelajaran SMP, Masalah Pengelolaan kelas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.