KONTRIBUSI PARTISIPASI GURU DALAM KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DAN INTENSITAS SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENGAWAS TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR se-KECAMATAN KOTAGEDE KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi partisipasi guru dalam KKG terhadap
kinerja guru; (2) kontribusi intensitas supervisi akademik oleh pengawas terhadap kinerja guru; dan
(3) kontribusi partisipasi guru dalam KKG dan intensitas supervisi akademik oleh pengawas secara
bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta.
Penelitian merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil dengan
proporsional random sampling berdasarkan tabel Krecjie Morgan pada taraf signifikan 5%, diperoleh
109 guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas menggunakan validitas
isi, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan
analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat
kontribusi antara partisipasi guru dalam KKG terhadap kinerja Guru sebesar 10,4%. (2) Terdapat
kontribusi antara intensitas supervisi akademik oleh pengawas terhadap kinerja Guru sebesar 25,8%.
dan (3) Terdapat kontribusi antara partisipasi kelompok kerja guru dan intensitas supervisi oleh
pengawas secara bersama-sama terhadap kinerja Guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Kotagede
Yogyakarta sebesar 31,5%.
kinerja guru; (2) kontribusi intensitas supervisi akademik oleh pengawas terhadap kinerja guru; dan
(3) kontribusi partisipasi guru dalam KKG dan intensitas supervisi akademik oleh pengawas secara
bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta.
Penelitian merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil dengan
proporsional random sampling berdasarkan tabel Krecjie Morgan pada taraf signifikan 5%, diperoleh
109 guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas menggunakan validitas
isi, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan
analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat
kontribusi antara partisipasi guru dalam KKG terhadap kinerja Guru sebesar 10,4%. (2) Terdapat
kontribusi antara intensitas supervisi akademik oleh pengawas terhadap kinerja Guru sebesar 25,8%.
dan (3) Terdapat kontribusi antara partisipasi kelompok kerja guru dan intensitas supervisi oleh
pengawas secara bersama-sama terhadap kinerja Guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Kotagede
Yogyakarta sebesar 31,5%.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.