PENGATURAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD NEGERI TLACAP PANDOWOHARJO SLEMAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaturan sarana dan prasarana sekolah ramah anak di SD Negeri Tlacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, koordinator Sekolah Ramah Anak (SRA), dan penanggung jawab sarana dan prasarana di SD Negeri Tlacap. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Layout diatur agar memudahkan dalam memberikan pengawasan dan mudah dijangkau peserta didik. Alokasi dan distribusi prasarana dan sarana diatur sesuai kegunaan dan kebutuhan, hanya saja alokasi toilet belum sesuai dengan rasio yang ditentukan. Terkait konstruksi, SD Negeri Tlacap belum memiliki akses untuk peserta didik berkebutuhan khusus yang menggunakan kursi roda. (2) Pengaturan layout kelas disesuaikan dengan kebijakan masing-masing kelas. Alokasi/distribusi sarana dan prasarana di sesuaikan dengan kebutuhan peserta didik di dalam kelas. Konstruksi sarana dan prasarana yang digunakan, ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan dan tubuh usia sekolah dasar baik kelas rendah maupun kelas tinggi. Sarana dan prasarana terkait kemudahan, kesehatan, kenyamanan, dan keamanan sudah sebagian besar sudah sesuai dengan teori. Hanya saja meja dengan sisi tumpul belum dimiliki semua kelas.
Kata Kunci: Pengaturan, Sarana dan prasarana, SRA
Abstract
This study aims to research the settings infrastructure of child friendly schools at SD Tlacap.This research is a descriptive qualitative. The subjects of this research is principal, Child Friendly School (CFS) PIC, and infrastructure PIC at SD Tlacap. The data obtained from interviews, observations, and documents. Data analysis techniques use Miles, Huberman, and Saldana model (data condensation steps, data display, and verifying conclusions). The validity measured in this research by using triangulation and member check.The result of the research show that: (1) layout is arranged to provide supervision and easy access to students. The allocation and distribution of infrastructure and facilities are regulated according to their uses and needs, except that the allocation of toilets is not in accordance with the specified ratio. Regarding construction, SD Negeri Tlacap does not have access to special needs students who use wheelchairs. (2) Class layout settings are adjusted to the policies of each class. Allocation / distribution of facilities and infrastructure is adjusted to the needs of students in the class. Construction of facilities and infrastructure used, the size of which is adjusted to the needs and body of elementary school age, both low and high class. Facilities and infrastructure related to convenience, health, comfort, and security have mostly been in accordance with the theory. It's just that the table with a blunt side doesn't have all classes.
Keywords: Settings, infrastructure, CFS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.