PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN KEMITRAAN DENGAN DUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI (DU/DI) DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Virgiawan Listyanto,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mendeskripsikan peran humas SMK Negeri 6 Yogyakarta dalam menambah jumlah kemitraan agar sesuai dengan kebutuhan sekolah dan perubahan zaman, dan (2). Mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh pihak humas SMK Negeri 6 Yogyakarta terkait dengan kemitraan dengan Dunia Usaha/Dunia Industri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (a) Humas berperan sebagai communicator dengan melakukan komunikasi, baik itu dengan lingkup internal untuk membahas kemitraan dan kerjasama. Humas pun mengadakan komunikasi dengan pihak eksternal seperti industri untuk mengadakan kerjasama, (b) Humas berperan sebagai pembina hubungan dengan menjalin hubungan kerjasama dengan dunia usaha/dunia industri, (c) Humas berperan sebagai back up management dalam pengelolaan kemitraan yang dijalin oleh sekolah. Humas memiliki wewenang penuh dalam menjalankan fungsi dan peran manajemen, (d) Humas berperan sebagai good image maker dengan menjaga hubungan baiknya dengan pihak dunia usaha/dunia industri (DU/DI) dengan melakukan kegiatan sekolah yang melibatkan industri secara aktif dan bersifat positif. Hambatan humas dalam meningkatkan kemitraan di SMK Negeri 6 Yogyakarta yaitu mengenai manajemen waktu, administrasi, dan proses pelaksanaan kerjasama.

 

Kata Kunci: Humas, Kemitraan, SMK

 

Abstract

This study aims to describe (1). Describe the role of public relations of SMK Negeri 6 Yogyakarta in increasing the number of partnerships to suit school needs and changing times, and (2). Describe the obstacles faced by public relations parties of SMK Negeri 6 Yogyakarta related to partnerships with the Business World/Industrial World. This research use desciptive qualitative approach. The results of the study show that (a) Public Relations has the role of communicator, namely by communicating, both within the internal scope to discuss partnerships and cooperation. Public Relations also communicates with external parties such as industry to establish cooperation, (b) Public Relations plays a role as a relationship by establishing cooperative relations with the business world/industry world and fostering such cooperative relations, (c) Public relations acts as a back up management in the management of partnerships woven by schools. Public Relations has full authority in carrying out the functions and roles of public relations management, (d) Public Relations acts as a good image maker by maintaining good relations with the business world/industrial world (DU/DI) by conducting school activities that involve the industry actively and positively. Public relations barriers in enhancing partnerships at SMK Negeri 6 Yogyakarta are about time management, administration, and the process of implementing cooperation.

 

 

Keywords: Public relations, partnership, SMK


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.