PELAKSANAAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG

Arsella Winda Amalia,

Abstract


Abstrak

   Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan pelaksanaan penjaminan mutu proses pembelajaran yang ada di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi dan menjadi serangkaian kegiatan analisis yang saling berkaitan. Hasil penelitian ini adalah mendeskripsikan mengenai pelaksanaan sistem penjaminan mutu proses pembelajaran di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang dengan memastikan proses pembelajaran terjamin sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yaitu Standar Proses. Pada tahap perencanaan (Plan), melihat data di rapot mutu dan dokumen instrumen supervisi terkait standar proses kemudian dikoordinasi dan dikomunikasikan dengan pihak-pihak terkait dalam hal ini karena ini SD swasta yaitu dengan yayasan, dinas pendidikan, dan juga komite sekolah melihat kekurangannya dimana selanjutnya setelah mendapatakan masukan saran dari para pembina, sekolah melakukan tindak lanjut dengan rapat kerja/rapat bersama para guru untuk membicarakan masalah strategi pemenuhan mutu. Pada tahap pelaksanaan (Do) kegiatan pembelajaran standar utamanya para guru harus memenuhi kelengkapan administrasi, yang kedua guru harus betul-betul memanfaatkan sumber belajar yang ada dengan maksimal dan pada tahap pengecekan (Check) sekolah sudah melaksanakan kegiatan belajar sesuai dengan perencanaan , dan yang terakhir tentunya mengadakan sistem evaluasi, controlling, pengawasan secara akuntabel dan terkini. Tindak lanjut (Action) Hasil pengawasan atau supervisi dijadikan pertimbangan sekolah untuk kemudian melakukan tindak lanjut serta peningkatan mutu yang ada di sekolah tindak lanjut biasanya berupa seminar, simposium, maupun kegiatan pelatihan yang lain.

 

Kata Kunci: SPMI,  Mutu, Pembelajaran.

 

Abstract

The purpose of the research describe the implementation of an internal quality assurance in learning at Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang Elementary School. This research used data condensation analysis technique, data presentation, and conclusion/verifivation which then becomes a series of interrelated data analysis activities.The findings of the research describe the implementation of quality assurance system especially the quality of the learning process in Muhammadiyah 1 Alternatif Elementary School Kota Magelang by ensuring the learning process is guaranteed in accordance with the National Education Standards namely Process Standards. In the planning stage (Plan), looking at quality report data and instrument document supervision related to process standards was then coordinated and communicated with the parties involved in this matter because this was a private elementary school with a foundation, education office, and school committee to see the shortcomings which subsequently after getting input from the advisors, the school followed up with work / meeting meetings with the teachers to discuss the problem of quality fulfillment strategies. In the implementation stage (Do) of standard learning activities, especially the teachers must fulfill the administrative requirements, the two teachers must fully utilize the existing learning resources to the maximum and at the check stage the school has carried out learning activities in accordance with the planning, and the last of course holding a system of evaluation, controlling, accountable and up-to-date supervision. Follow-up (Action) The results of supervision or supervision are taken into consideration by the school to then follow up and improve the quality that is in the school follow-up usually in the form of seminars, symposiums, and other training activities.    

 

Keywords : Internal Quality Assurance System, Quality, Learning.


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.