PENGELOLAAN SARANA PENDIDIKAN DI SD NEGERI MEJING 2 GAMPING DAN SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 1 GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan sarana pendidikan di SD Negeri Mejing 2 Gamping dan SD Muhammadiyah Ambarketawang 1 Gamping, Sleman, Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru, dan bendahara sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dengan menggunakan model analisis kualitatif dari Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan secara umum di kedua sekolah sudah dilaksanakan secara berurutan sesuai dengan aspek manajemen. Kedua SD ini dalam perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan sudah dilaksanakan hanya saja kurang maksimal dalam beberapa aspek. Pada kedua sekolah yang membedakan yaitu aspek pemeliharaan dan inventarisasi. Pemeliharaan di SD Negeri belum maksimal dan inventarisasi belum dilakukan secara menyeluruh., sedangkan di SD Muhammadiyah inventarisasi hanya dilakukan pada setiap kelas oleh wali kelas belum dilakukan secara menyeluruh pada sarana pendidikan di sekolah.
Kata Kunci: Pengelolaan Sarana Pendidikan, Sekolah Dasar
Abstract
This study aimed to describe the management of educational facilities at Mejing 2 Gamping Elementary School and 1 Muhammadiyah Ambarketawang Gamping, Sleman, Yogyakarta.
This research is a descriptive research. The data source of this research is the principal, teachers, and school treasurer. The technique of collecting data using interviews, observation and documentation. Test the validity of the data is done by triangulation of sources and techniques. Data analysis using qualitative analysis models from Miles, Huberman and Saldana used in this study include data reduction, data testing, and conclusion.
The results of this study indicate that. General management at both schools has been carried out in sequence in accordance with aspects of management. Both of these elementary schools in planning, procurement, maintenance, inventory and deletion have been carried out only in less than some aspects. In the two schools that distinguishes aspects of maintenance and inventory. Maintenance in Public Elementary Schools has not been maximal and the inventory has not been carried out thoroughly, while at Muhammadiyah Elementary School the inventory is only carried out in each class by homerooms has not been carried out thoroughly in educational facilities in schools
Keywords: Management of Educational Facilities, Elementary School
Refbacks
- There are currently no refbacks.