PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP KOMITMEN GURU DAN KEPUASAN KERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA

Yona Febria,

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengkaji pengaruh sertifikasi guru terhadap komitmen kerja baik secara langsung ataupun melalui variabel antara kepuasan kerja guru. Variabel eksogen pada penelitian ini adalah sertifikasi guru, variabel endogen adalah komitmen guru, dan variabel antara (intervening variable) adalah kepuasan kerja guru. Pendekatan yang digunakan kuantitatif  ex-post facto, dengan populasi 220 guru bersertifikasi dari 23 Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Pengambilan sampel yang berjumlah 86 subyek dilakukan dengan teknik sampling berstrata proporsional (stratified proportional random sampling). Sertifikasi guru diukur dengan lama sertifikasi, dan kepuasan kerja guru serta komitmen guru diukur dengan Skala Likert 1-5. Sebelum digunakan instrumen penelitian terlebih dahulu diuji validitas butir dan reliabilitas instrument dengan teknik korelasi butir-total dan metode Cronbach Alpha. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analis jalur. Hasil penelitian: (1) seritifikasi guru tidak memiliki pengaruh langsung terhadap komitmen guru (t statistik = 0,122, nilai p = 0,903); (2) sertifikasi guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru (t statistik = 5,123, p = 0,000); (3) kepuasan kerja guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap komitmen guru (t statistik = 4,363, p = 0,000); (4) sertifikasi guru memiliki pengaruh terhadap komitmen guru dengan dimediasi oleh variabel antara kepuasan kerja guru (t statistik berturut-turut 5,123 dan 4,363 dengan nilai p masing-masing 0,000); (5) sertifikasi guru dan kepuasan kerja guru secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh yang bermakna terhadap komitmen guru (F statistik = 12,841, nilai p = 0,000).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.