KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI VIII SLEMAN TAHUN 2018

Resti Dwi Wahyuni WS,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhadap layanan Perpustakaan MTsN 8 Sleman dengan menggunakan metode LibQUAL+TM. Penilaian kepuasan meliputi penilaian persepsi dari dimensi kinerja petugas, akses informasi dan perpustakaan sebagai tempat. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 8 Sleman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 8 Sleman yang berjumlah 580 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional random sampling diperoleh 237 sampel siswa. Uji validitas instrumen dengan menggunakan validitas isi, dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus cronbach’s  alpha.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode LibQUAL+TM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pemustaka MTsN 8 Sleman berdasarkan dimensi kinerja petugas (affect of service), pemustaka merasa puas dengan Adequancy Gap bernilai positif yakni sebesar 1,09 dan nilai Superiority Gap negatif sebesar -2,03. Berdasarkan dimensi akses informasi (information control), pemustaka merasa puas terhadap layanan yang diberikan oleh petugas perpustakaan dengan Adequency Gap positif sebesar 0,90 dan Superiority Gap negatif sebesar -2,12. Pada dimensi perpustakaan sebagai tempat (library as place) menunjukkan bahwa pemustaka merasa puas dengan Adequency Gap positif yakni 1,09 dan Superiority Gap negatif sebesar -2,03. Secara keseluruhan menunjukan bahwa kepuasan pemustaka MTsN 8 Sleman masuk dalam kategori puas dengan perolehan Adequancy Gap positif sebesar 1,05 dan Superiority Gap negatif sebesar -1,85.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.