PENGELOLAAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD NEGERI NGUPASAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan program SRA di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta (2) pelaksanaan program SRA di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta (3) evaluasi program SRA di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan pengelola program SRA. Lokasi penelitian yaitu di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dengan menggunakan model analisis kualitatif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) perencanaan program SRA di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta dilakukan dengan merencanakan konten program, perencanaan pembiayaan, perencanaan sarana dan prasarana, dan perencanaan personil. (2) pelaksanaan program SRA meliputi kegiatan pengorganisasian dan koordinasi. (3) evaluasi yang dilakukan dalam program SRA dengan cara mengevaluasi setiap kegiatan program kerja SRA yang terdapat dalam program kerja tahunan SRA. Evaluasi dilakukan pada setiap akhir semester oleh tim pengembangan SRA.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.