PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ALAM PADA KELOMPOK BERMAIN JOGJA GREEN SCHOOL

Evita Fajar Dwi Mustika Sari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1)Pengelolaan  pembelajaran di sekolah alam pada KB JGS. (2)Hambatan yang dialami dalam pengelolaan pembelajaran di KB JGS. (3)Upaya yang dilakukan dalam pengelolaan pembelajaran di KB JGS. Metode pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1)KB JGS sudah melakukan pengelolaan pembelajaran, hal ini dilihat pada: KB JGS melakukan proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi pembelajaran.  (2)Pengelolaan pembelajaran KB JGS belum berjalan optimal, hal tersebut dikarenakan: perencanaan kurikulum KB JGS belum menunjukkan sekolah alam itu sendiri, jumlah materi belum sesuai, kepala sekolah masih jarang melakukan evaluasi dan monitoring, monitoring pihak yayasan belum menggunakan pedoman,  keterbatasan keterampilan guru, kesulitan guru dalam menangani anak yang bermasalah pada pembelajaran, sekolah belum memiliki pendamping untuk siswa ABK, kurang pedulinnya orangtua terhadap perkembangan anak. (3)Upaya yang dilakukan: menggunakan strategi pemberian stiker, membuka lowongan kerja untuk membantu siswa ABK, selalu berkomunikasi dengan orangtua siswa, dan yayasan berusaha memenuhi kebutuhan sekolah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.